Berita

Contoh Perjalanan Transformasi Digital di Pemerintahan

Bagaimana berbagai negara melihat tren global yang bergeser dan seperti apa masa depan teknologi digital di sektor publik? “Perjalanan Transformasi Digital di Pemerintahan” menguji kemampuan teknologi digital untuk secara mendasar mengubah cara sektor publik beroperasi dan memberikan layanan kepada masyarakat dan menawarkan strategi bagi para pemimpin pemerintah untuk mempercepat laju kemajuan mereka. Survei global Deloitte mencakup tanggapan oleh lebih dari 1.200 pejabat pemerintah dari 70 negara lebih. Penelitian ini juga mencakup wawancara dengan 130 pemimpin pemerintah dan pakar digital untuk mendapatkan wawasan tentang kebijakan dan praktik yang mempengaruhi “kematangan digital” di organisasi pemerintah. Ringkasan Eksekutif Pemerintahan dari Toronto ke Seoul berada di tengah-tengah transformasi bersejarah (dan sering memilukan) karena mereka meninggalkan model operasi analog yang mendukung mitra digital mereka. Hasil survei lebih dari 1.200 pejabat pemerintah dari lebih dari 70 negara dalam transformasi digital. Lebih dari itu, mereka mengatakan bahwa teknologi digital memiliki dampak besar pada pemerintah. Tiga perempat dari responden mengatakan bahwa teknologi digital mengganggu sektor publik; hampir semua (96 persen) memberi ciri dampak pada domain mereka sebagai signifikan. Temuan kunci lain dari survei global adalah bahwa pemerintah berada pada tahap yang sangat berbeda dalam perjalanan transformasi digital mereka. Sebagian kecil adalah apa yang kita anggap “jatuh tempo,” tetapi sebagian besar masih dalam tahap awal atau pengembangan dari perjalanan ini. Hanya sekitar 30 persen organisasi yang disurvei menilai kemampuan digital mereka sebagai yang terdepan di sektor publik mereka; hampir 70 persen mengatakan mereka tertinggal di belakang sektor swasta. Kepuasan keseluruhan responden dengan reaksi organisasi mereka saat ini terhadap tren digital dan kepercayaan mereka dalam kesiapannya untuk merespon tren digital juga rendah. Tekanan biaya dan anggaran serta tuntutan warga jauh dan dua penggerak utama transformasi digital, terhitung 75 persen tanggapan, sedangkan hanya 14 persen organisasi didorong oleh arahan pemerintah.

Laporan ini menemukan bahwa dari perkiraan 811.000.000 transaksi di tingkat daerah dan pusat setiap tahun, sekitar 40% masih selesai menggunakan saluran tradisional. Jika angka ini bisa dikurangi hingga 20% lebih periode sepuluh tahun, produktivitas, efisiensi dan manfaat lain untuk senilai pemerintah sekitar $ 17,9 miliar (secara riil) akan direalisasikan bersama dengan penghematan waktu, kenyamanan dan biaya gratis untuk warga negara senilai lebih jauh $ 8,7 miliar – dan semuanya dengan biaya $ 6,1 miliar dalam TIK baru dan pengaturan transisi. Mengambil manfaat bagi pemerintah dan warga negara secara bersama-sama, tahap berikutnya dari transformasi digital memberikan manfaat senilai sekitar empat kali lipat biayanya. Penilaian kami didasarkan pada data yang tersedia untuk umum yang mencakup upaya digitalisasi pemerintah dan pengalaman dari South Australia Departemen Premier dan Kabinet, Kantor Pajak Australia, Departemen Pelayanan Manusia, Kantor Transformasi Digital dan Layanan NSW. Selain itu, kami menarik pengalaman dari The Hills Shire dan Brimbank Kota dewan untuk mendapatkan perspektif transformasi digital di tingkat pemerintah daerah.

Bersama dengan biaya langsung transformasi digital, kami mengenali hambatan lain, termasuk berbagai hambatan kebijakan, keamanan dan proses serta kesulitan menjangkau warga dengan tingkat melek digital yang lebih rendah. Laporan ini diakhiri dengan beberapa petunjuk dan langkah selanjutnya untuk tindakan pemerintah.

Layanan transaksi Menurut Laporan Efisiensi Digital Inggris (2012), layanan transaksi pemerintah adalah “layanan yang melibatkan pertukaran uang, barang, layanan, izin, lisensi atau informasi antara pemerintah dan pengguna layanan, yang mengakibatkan perubahan pada sistem pemerintah”. Contohnya termasuk menyelesaikan pengembalian pajak dengan Kantor Pajak Australia, mengajukan permohonan ke Departemen Imigrasi dan Kewarganegaraan untuk paspor dan menerima tunjangan Centrelink atau Medicare melalui Departemen Layanan Kemanusiaan.

Manfaat untuk pemerintah Produktivitas dan efisiensi. Digitalisasi transaksi masyarakat dapat membuka kunci jangkauan produktivitas dan efisiensi yang bermanfaat bagi pemerintah. Karena transaksi digital pada umumnya lebih cepat, lebih nyaman dan mobile, mereka dengan cepat menjadi saluran yang disukai untuk diakses oleh masyarakat pada setiap layanan pemerintah.

Manfaat untuk warga negara Manfaat keterlibatan warga negara termasuk penghematan waktu dari mengurangi perjalanan dan menunggu, dan menghindari biaya transportasi dan pos yang tidak terjangkau. Manfaat ini diperkirakan mencapai $ 8,7 miliar dalam. Pengalaman digital berkualitas tinggi dihargai oleh warga negara tetapi peningkatan pengalaman pengguna biasanya hanya menjadi layak untuk organisasi begitu ada cukup banyak warga negara, skala menjadi sangat penting. Hasil analisis menunjukan manfaat dari kolaborasi, keterlibatan, kepuasan, dan kepercayaan masyarakat dan pemerintah secara digital menjadi lebih baik dan efektif. Faktor-faktor utama yang dapat di identifikasi sebagai hal penting untuk meningkatkan pengalaman digital di pemerintahan meliputi :

  • Integrasi digital yang mulus dengan semua saluran yang ada.
  • Menjaga semua hal tetap sederhana dan mendorong proses digitalisasi secara mudah.
  • Proses desain yang bagus dalam setiap proses layanan.
  • Pemerintah bekerja dengan ekosistem yang lebih luas, seperti di sektor swasta.
sumber : deloitte

Similar Posts