Kelebihan dan Kekurangan Moodle sebagai LMS

 
  1. Kelengkapan fitur, MOODLE menyediakan fitur yang lengkap untuk sebuah proses pembelajaran, meliputi fitur untuk komunikasi (chatting, messaging, atau forum), fitur untuk pembuatan dan administrasi materi pembelajaran, fitur untuk melacak dan mengikuti perkembangan proses pembelajaran (tracking data) dengan user interface yang mudah dipahami, fitur untuk perluasan fitur (ekstensibilitas plugin) yang fleksibel dengan dukungan fasilitas dokumentasi API (guideline, dan template untuk programming).
  2. Kemudahan penggunaan, karena hampir seluruh komponen dalam MOODLE dapat diatur secara luar dan fleksibel sesuai dengan kebijakan dan kebutuhan proses pembelajaran di masing-masing institusi.
  3. Potensi penerapan, MOODLE dapat diterapkan pada hampir seluruh jenjang pendidikan (penerapan pada pendidikan pra sekolah dan sekolah dasar hanya bisa difungsikan sebagai pelengkap) dan berbagai jenis pelatihan.
  4. Tersedia secara gratis, sebagai perangkat-lunak open source (di bawah lisensi GNU Public License), MOODLE memberikan kebebasan untuk mengkopi, menggunakan, dan memodifikasinya.
  5. Dapat langsung bekerja tanpa harus melakukan modifikasi pada sistem operasi Unix, Linux,Windows, Mac OS X, Netware, dan sistem lainnya yang mendukung PHP, termasuk pada sebagian besar provider web hosting dengan basisdata terbaik bagi MOODLE adalah MySQL.
  6. Disediakan mengikuti konsep pembelajaran yang komprehensif dan fleksibel.
Kekurangan yang masih dijumpai pada LMS MOODLE antara lain:
  1. Tidak selalu mendukung terhadap web browser yang ada, sekalipun dapat diperbaharui dengan cara men-download aplikasi MOODLE yang terbaru.
  2. Pada pilihan bahasa masih ada beberapa bagian dalam tampilan e-Learning yang tidak dapat dirubah.
Pinteraktif Training juga menyediakan ruang diskusi untuk konsultasi dan pendalaman mengenai e-learning yang sesuai dengan budaya institusi, visi misi, dan operasi harian. Kontak kami atau silakan ikuti training sesuai dengan jadwal yang tersedia. Referensi: Sutanta, Edhy. 2010. Konsep dan Implementasi E-Learning. Yogyakarta: IST Akprind, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas TI
Open chat
Butuh Informasi?
Hai, ingin berdiskusi?