Pentingnya Kemampuan Manajemen Proyek

Mengapa manajemen proyek keterampilan yang begitu penting?

Kami tahu kami mungkin tampak sedikit bias dalam hal pentingnya manajemen proyek. Tetapi ada beberapa alasan mengapa seorang pemimpin dengan keterampilan manajemen proyek puncak akan jauh lebih efektif. Mari kita gali.

1. Manajer perlu mengarahkan kapal

Bahkan jika manajer tidak secara pribadi memiliki andil dalam setiap proyek, mereka tetaplah yang harus memberikan kepemimpinan kepada tim mereka dan memastikan bahwa harapan (termasuk jadwal proyek dan anggaran) dipenuhi. Selain itu, tidak semua proyek berjalan sesuai rencana. Jadi, ketika hal-hal berjalan keluar dari rel, para manajer perlu melangkah dalam berbagai proyek untuk membantu menavigasi semua penghalang atau konflik, terlepas dari berapa banyak keterlibatan individu yang mereka miliki dengan proyek tertentu itu. Akhirnya, manajer tim adalah orang yang mengawasi dan memastikan bahwa proyek dan penggunaan waktu tim secara produktif yang membawa mereka lebih dekat ke tujuan perusahaan.

Wah, itu pekerjaan yang cukup besar, bukan? Dan jumlah kepemimpinan dan pengambilan keputusan itu jauh lebih menantang jika Anda tidak memiliki keterampilan manajemen proyek.

2. Manajer perlu menyeimbangkan prioritas seluruh tim

Sebanyak mungkin Anda berharap Anda bisa mengatakan “ya” untuk semuanya, hanya ada begitu banyak orang di tim Anda dan berjam-jam dalam sehari. Terserah manajer untuk memutuskan proyek dan tugas apa yang pantas mendapat tempat di bagian atas daftar. Seringkali, rasanya Anda memiliki prioritas yang bersaing, dan Anda terikat untuk menyulap banyak proyek, sasaran, dan tenggat waktu pada satu waktu. Keahlian manajemen proyek akan membantu Anda mengidentifikasi hal-hal seperti tujuan dan ruang lingkup proyek secara efektif, dan kemudian memprioritaskan dan menjadwalkannya untuk tim Anda.

3. Manajer perlu mengawasi sumber daya secara efektif

Tim Anda sangat fokus pada proyek yang mendesak, ketika Anda mendapatkan permintaan yang tidak terduga dari departemen lain. Haruskah Anda mengakomodasi itu? Atau menjaga karyawan Anda pada tugas di tangan? Ini adalah keputusan yang perlu diambil oleh manajer setiap hari, dan keterampilan manajemen proyek dapat membantu mereka memperhatikan sumber daya mereka (pikirkan hal-hal seperti anggaran, waktu, dan kapasitas tim) dan mengelolanya dengan tepat. Tanpa memikirkan keterbatasan sumber daya itu, terlalu mudah untuk menggigit lebih dari yang bisa Anda kunyah dan sebarkan tim Anda terlalu tipis. Dan keadaan yang terus menerus dan meluap-luap itu dapat dengan cepat memicu semangat. Menurut laporan dari Masyarakat Manajemen Sumber Daya Manusia, 38% orang merasa kewalahan dengan jumlah pekerjaan yang harus mereka selesaikan saat mereka bekerja. Memahami sumber daya tidak hanya membantu Anda menjadi lebih realistis tentang beban kerja tim Anda dan menghindari tekanan pada tim Anda, tetapi juga membantu Anda merencanakan kalender proyek yang lebih akurat dan mengelola harapan para pemangku kepentingan lainnya.

4. Manajer perlu melacak kemajuan menuju tujuan

Apakah Anda ingin tim Anda menyelesaikan proyek dengan mengeceknya dari daftar? Atau apakah Anda ingin tim melakukan pekerjaan yang benar-benar menggerakkan jarum untuk perusahaan Anda? Jelas, opsi kedua, kan? Di situlah keahlian manajemen proyek masuk. Para pemimpin dengan pengetahuan manajemen proyek dapat berhasil memberikan arahan strategis dengan secara jelas menyatakan tujuan atau visi (yang harus disorot dalam pertemuan perdana dan rencana proyek) dan kemudian sering melacak kemajuan tim ke arah tujuan yang disepakati tersebut. Manajer dapat menggunakan berbagai sistem untuk melakukan ini. Tetapi, terlepas dari teknik atau kerangka kerja penetapan tujuan tertentu, satu hal tetap sama: Mereka harus tahu cara memantau kemajuan dan mengoreksi kursus bila diperlukan, dan keterampilan manajemen proyek akan membantu. Tingkatkan keterampilan manajemen proyek Anda dan pimpin tim Anda tanpa rasa takut

Anda ingin menjadi pemimpin yang efektif yang membantu tim Anda mencapai tujuan, mempertahankan budaya positif, dan menjaga talenta terbaik Anda – alih-alih mengirim mereka langsung ke pintu. Ada banyak keterampilan yang Anda perlukan untuk mewujudkannya, tetapi kami berpikir bahwa manajemen proyek perlu mendapat perhatian khusus. Mengapa? Ada beberapa alasan:

  • Keahlian manajemen proyek membantu Anda memberikan kepemimpinan.
  • Keahlian manajemen proyek membantu Anda menyeimbangkan prioritas.
  • Keterampilan manajemen proyek membantu Anda mengawasi sumber daya.
  • Keterampilan manajemen proyek membantu Anda melacak kemajuan menuju tujuan.

Jadi, jika Anda akan memulai, fokuslah untuk mengasah keterampilan manajemen proyek Anda sebagai seorang pemimpin dan ditunjang dengan kemampuan penggunaan tools project management, semisal Microsoft Project, sehingga semua parameter proyek anda dapat terdokumentasi, terukur, dan selalu up to date.

Open chat
Butuh Informasi?
Hai, ingin berdiskusi?