Pelatihan Instruktur Virtual yang Efektif

Penelitian dari berbagai sumber memberi tahu kita bahwa profesional teknologi informasi (TI) sebagian besar tidak memiliki keterampilan yang mereka butuhkan untuk membuat organisasi mereka kompetitif. Para pemimpin TI khawatir – dan sebagai pemimpin yang belajar, Anda mungkin juga demikian. Apa kunci untuk memiliki tim TI yang siap menghadapi 2020 dan apa pun yang terjadi selanjutnya ? Peningkatan kemampuan berkelanjutan memungkinkan para profesional TI untuk tetap mendapatkan informasi terbaru tentang inovasi teknologi dan menjaga pengetahuan dan kemampuan mereka tetap segar. Meskipun pelatihan di ruang kelas adalah metode tradisional untuk mengajarkan keterampilan baru di tempat kerja, tim TI Anda kemungkinan tidak punya waktu untuk meninggalkan kantor karena sering melakukan peningkatan keterampilan secara langsung. Ditambah lagi, pelatihan yang dipimpin oleh instruktur (ILT) bisa mahal, terutama jika melibatkan perjalanan.

Untungnya, tim IT Anda mengerti teknologi – dan begitu juga industri pelatihan. Sementara ruang kelas virtual di masa lalu sulit untuk dikelola, mahal untuk dijalankan dan sulit berpartisipasi, membuat pelatihan modern yang dipimpin oleh instruktur virtual (VILT) adalah cara yang efektif dan efisien untuk mengajar karyawan, terutama ketika menyangkut keterampilan teknis. 

Membangun Sistem / Platform untuk VILT

Jika organisasi Anda baru mengenal VILT, Anda mungkin perlu mengajukan kasus bisnis yang baik kepada tim eksekutif Anda untuk meyakinkan mereka untuk melakukan investasi. Untungnya, VILT memberikan pengembalian investasi yang besar, dan ada banyak data yang mendukung Anda. Pertimbangkan biaya tiket pesawat, sewa mobil, hotel, makanan, dan biaya lainnya yang sering datang dengan pelatihan langsung. Pengeluaran ini bertambah dengan cepat, yang berarti Anda bahkan mungkin tidak memiliki anggaran untuk melatih semua orang yang membutuhkan peningkatan keterampilan. Pelatihan virtual, di sisi lain, membawa instruksi kepada karyawan Anda. Ketika perusahaan terus berinovasi dengan teknologi VILT mereka, pelajar Anda akan merasa seperti mereka berada di kelas, apakah mereka duduk di meja mereka atau di sofa mereka. Platform multimedia memungkinkan komunikasi dua arah, video dan audio yang jelas, dan live chat dengan instruktur dan pelajar lain. Banyak juga menawarkan laboratorium virtual, sehingga peserta didik dapat berlatih menggunakan teknologi dan menerima umpan balik dari instruktur – sebelum mereka mulai bekerja pada program yang sebenarnya.

Gabungan VILT Dengan Metode Lain

Mayoritas waktu belajar para profesional TI kemungkinan besar dihabiskan untuk belajar di tempat kerja atau dari rekan-rekan mereka. Dengan VILT, Anda juga dapat memasukkan pelatihan formal yang penting ke dalam jadwal sibuk peserta didik dan menciptakan peluang pembelajaran campuran terus menerus. Pelatihan formal juga dapat berfungsi sebagai dasar untuk jenis pembelajaran lainnya. Misalnya, beberapa profesional TI mungkin mengambil kursus DevOps virtual (pembelajaran formal) yang memperkenalkan mereka ke sistem Git sebelum perusahaan Anda mengimplementasikannya. Kemudian, ketika seluruh tim IT menggunakan Git, pelajar tersebut dapat saling meminta dukungan ketika pertanyaan muncul (pembelajaran sosial). Mereka juga akan terus belajar karena mereka menggunakan Git, menjadi lebih mahir dengan setiap hari kerja (pembelajaran di tempat kerja). Dengan cara ini, kursus Git tidak hanya berfungsi sebagai dasar untuk membangun keterampilan baru, tetapi juga dicampur dengan bentuk-bentuk pembelajaran lain untuk peningkatan keterampilan terus menerus.

Pilih Mitra yang Tepat dan Platform yang Tepat

Kunci untuk VILT yang efektif adalah bermitra dengan penyedia pelatihan dan platform yang baik. Mintalah referensi pelanggan, dan cari tahu apa yang ditawarkan dan dukungan berdasarkan permintaan. Juga, temukan vendor yang menawarkan berbagai modalitas selain VILT, dan pastikan penawarannya mencakup semua topik penting yang dibutuhkan tim TI Anda. Lihatlah kredensial dan kualifikasi instruktur penyedia; mereka harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang teknologi yang mereka ajarkan serta prinsip pembelajaran orang dewasa dan pengiriman pelatihan virtual yang efektif. Karena belajar tidak pernah berhenti, mitra pelatihan TI Anda juga harus dapat memberikan dukungan tindak lanjut untuk membantu pelajar menerapkan apa yang mereka pelajari kembali di tempat kerja. Baik itu melalui pelatihan virtual, bimbingan online atau bentuk penguatan pembelajaran lainnya, temukan vendor yang dapat bekerja dengan peserta didik Anda dan manajer mereka untuk memperkuat keterampilan baru mereka.

Menawarkan Sertifikasi atau Lencana Digital

Sertifikasi dan lencana digital sangat populer di banyak industri tetapi terutama di bidang teknis. Sertifikasi TI memberikan banyak nilai bagi pelajar dan pengusaha, dan memberi penghargaan kepada karyawan dengan lencana yang dapat mereka tampilkan di profil LinkedIn mereka atau sertifikasi yang dapat mereka gunakan untuk memajukan karier mereka sangat membantu meningkatkan keterlibatannya. Bekerja dengan para pemimpin TI untuk menentukan keterampilan yang dibutuhkan tim mereka dalam waktu dekat dan teknologi baru mana yang mereka percaya akan memainkan peran dalam strategi bisnis Anda. Kemudian, cari penyedia pelatihan VILT yang memberikan sertifikasi di akhir setiap kursus.

Jadikan Pelatihan Virtual Bagian dari Budaya Anda

Budaya belajar sangat penting untuk melibatkan karyawan, menjaga keterampilan mereka tetap mutakhir, meningkatkan kepuasan kerja, dan mendukung bisnis yang inovatif. Menciptakan budaya seperti itu membutuhkan pelatihan yang berkelanjutan daripada acara berkala – yang bisa mahal dan sulit dikelola jika Anda mengandalkan kursus langsung. Pelatihan virtual memungkinkan Anda untuk memperluas ketersediaan dan aksesibilitas pembelajaran, membantu Anda menciptakan budaya pembelajaran berkelanjutan. Dalam budaya seperti itu, karyawan tidak hanya diharapkan untuk belajar, tetapi mereka juga ingin belajar. VILT meningkatkan dampak pelatihan Anda, meningkatkan hasil bisnis, dan mendapatkan dukungan kepemimpinan. Ketika para pemimpin itu menunjukkan dukungan mereka untuk belajar, karyawan lebih termotivasi untuk berpartisipasi dalam pelatihan, yang melanjutkan siklus dan memelihara budaya belajar itu di seluruh organisasi Anda.

Pinteraktif Institute senantiasa membantu Anda dalam dalam seluruh proses transformasi digital di dalam perusahaan Anda.

Open chat
Butuh Informasi?
Hai, ingin berdiskusi?