Blog | Management Insight

Menjaga Tim Virtual Anda Agar Selalu Siap (Remote Team)

Berkurangnya biaya, peningkatan produktivitas, dan tingkat turnover yang lebih rendah hanyalah beberapa faktor yang menyebabkan peningkatan tim virtual, yang diperkirakan merupakan 50% dari tenaga kerja tahun ini. Sementara manfaat dari tim virtual tidak dapat dipungkiri, mereka datang dengan beberapa tantangan unik, mungkin yang paling umum di mana adalah menjaga anggota tim virtual agar selalu siap. Salah satu hambatan terbesar untuk kesiapan tim jarak jauh adalah komunikasi. Bahkan, dalam survei 2018, 84% responden mengatakan mereka merasa lebih sulit untuk berkomunikasi secara efektif daripada secara langsung. Hambatan utama lainnya adalah kurangnya kolaborasi. Sangat penting bahwa tim disatukan menuju tujuan bersama, yang mengharuskan kejelasan seputar prioritas dan peran individu. Pada akhirnya, manajer tim virtual dan juga non-manajer virtual harus dilibatkan dalam upaya bersama untuk menjalin dan mempertahankan koneksi penting yang mendorong keterlibatannya. Berikut adalah beberapa tips tentang cara melakukannya.

Kiat untuk Memimpin Tim Virtual

Jika Anda memimpin tim virtual, melakukan hal berikut akan meningkatkan keterlibatannya :

  • Perhatikan sinyal virtual yang Anda kirim – dan terima: Di tempat kerja virtual, kurangnya isyarat dan sinyal seperti nada suara meningkatkan kemungkinan kesalahpahaman. Penting untuk memastikan Anda menyampaikan pesan secara efektif.
  • Sertakan tim virtual dalam budaya kantor pusat: Jika perusahaan Anda tidak sepenuhnya jauh dan memiliki kantor utama, merupakan ide bagus untuk menemukan cara bagi anggota tim virtual Anda untuk berpartisipasi dan merasakan bagian dari budaya perusahaan.
  • Dorong karyawan virtual untuk menghubungi Anda dan orang lain: Kurangnya kontak rutin dengan rekan kerja adalah penyebab utama ketidakpuasan kerja di antara pekerja virtual.

  • Dorong anggota tim untuk tetap berhubungan satu sama lain serta dengan Anda.

  • Bersikaplah sangat terorganisir : Menjabarkan ekspektasi dan jadwal yang jelas meningkatkan kolaborasi tim.

  • Check-in secara teratur : Check-in reguler membuat anggota tim virtual Anda bertanggung jawab dan sadar akan kemajuan, keberhasilan, dan kemunduran proyek. Mereka juga memberi Anda kesempatan untuk mengetahui bagaimana perasaan anggota tim.

Apa yang Dapat Dilakukan Karyawan Virtual agar Tetap Terhubung

Jika Anda seorang karyawan virtual, Anda dapat membuat bekerja dari jarak jauh menjadi pengalaman hebat dengan :

  • Tetap di saat ini: Penting untuk hadir alih-alih terganggu selama komunikasi virtual. Bahkan jika rekan kerja dan manajer virtual Anda tidak dapat melihat Anda, mereka kemungkinan akan mengetahui apakah Anda sepenuhnya terlibat atau tidak.
  • Berkomunikasi dengan bijaksana : Karena komunikasi terbuka membangun kepercayaan dan meningkatkan produktivitas, penting untuk tampil dengan tantangan dan pendapat.
  • Memilih alat komunikasi yang tepat : Mengajukan pertanyaan melalui email sering kali tidak seefisien panggilan telepon cepat atau obrolan video, keduanya juga memberikan peluang untuk melakukan koneksi pribadi.
  • Tidak membuang-buang waktu dengan memberikan perintah bebas pada imajinasi Anda : Setiap kali Anda merasa tidak tenang karena persepsi Anda, jangkau klarifikasi daripada membiarkan imajinasi Anda memperlambat Anda.

 

Similar Posts